PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KESETARAAN
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Dengan segala kemudahan dan kelebihan yang diberikan sekolah kesetaraan, tentunya orang tua juga perlu berkomitmen agar pendidikan yang didapat anak dapat berjalan lancar sesuai tujuan. Mendaftarkan anak di sekolah kesetaraan menuntut orang tua turut serta secara aktif dalam proses belajar. Orang tua harus berani melabeli diri sebagai fasilitator dan ikut belajar bersama anak. Orang tua memiliki peran penting dalam mendukung anak yang mengikuti pendidikan kesetaraan, di antaranya:
MEMBERIKAN MOTIVASI DAN DUKUNGAN
Orang tua harus memberikan dorongan moral dan semangat agar anak tetap termotivasi untuk belajar meskipun berada dalam sistem pendidikan nonformal. Anak yang mengikuti sekolah kesetaraan mungkin merasa berbeda dengan teman sebayanya yang bersekolah formal. Orang tua dapat memotivasi anak dengan menunjukkan sisi positif sekolah di rumah, di antaranya fleksibitas waktu, kemungkinan mengeksplorasi bidang yang diminati, dan berkurangnya kemungkinan terpapar lingkungan yang tidak sehat.
MEMBANTU DALAM PROSES BELAJAR
Dengan mengikuti sekolah kesetaraan, orang tua harus memposisikan diri sebagai fasilitator pengganti guru di sekolah. Artinya, orang tua bukan hanya mengawasi proses pembelajaran anak, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Belajar di rumah bukan berarti tidak bersosialisasi dan keluar rumah sama sekali. Justru dengan adanya fleksibilitas jam belajar, orang tua dapat mengeksplorasi lingkungan belajar, misalnya mengajak anak ke perpustakaan daerah untuk meningkatkan literasi, mencoba berbagai transportasi publik sambil belajar mata pelajaran sosial, dan lain sebagainya. Orang tua juga berperan membantu anak dalam memahami materi pelajaran yang sudah disusun sekolah kesetaraan.
MENGAWASI DAN MENGONTROL WAKTU BELAJAR
Sebagai fasilitator, orang tua harus konsisten. Pastikan anak memiliki jadwal belajar yang teratur dan tidak terganggu oleh aktivitas lain yang kurang produktif. Konsistensi merupakan kunci penting dalam keberhasilan sekolah di rumah.
BERKOMUNIKASI DENGAN PENGELOLA PKBM
Orang tua perlu menjalin komunikasi dengan guru dan pengelola PKBM untuk memantau perkembangan belajar anak. Seperti halnya dengan guru di sekolah, orang tua dapat melakukan konsultasi dengan tutor untuk memastikan proses belajar dan hasil yang diperoleh anak sudah on track dan mencapai tujuan pembelajaran.
Menyekolahkan anak di lembaga formal bukan satu-satunya pilihan. Sekolah kesetaraan melalui PKBM menawarkan solusi pendidikan yang lebih fleksibel, tetap berkualitas, dan diakui secara resmi oleh negara. Dengan sistem ini, orang tua dapat berperan aktif dalam pendidikan anak sesuai dengan nilai dan kebutuhan keluarga.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
NILAI NILAI PENDIDIKAN DAN KEHIDUPAN
Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan ti
MANAJEMEN PKBM
Manajemen PKBM Perencanaan. Perencanaan sebagai bagian penting dalam proses manajemen merupakan suatu tahap yang harus dilewati sebelum melangkah ke tahap berikutnya, karena melalui p
LATAR BELAKANG TERBENTUKNYA PKBM
Dibentuknya PKBM adalah sebagai pemicu dan bersifat sementara, masyarakat sendirilah yang selanjutnya memiliki wewenang untuk mengembangkannya, karena itulah pendekatan dalam program PK
MENINGKATKAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI PLS
Pendidikan merupakan hak dasar setiap individu yang tidak hanya terbatas pada ruang kelas formal. Dalam konteks ini, program pendidikan luar sekolah (PLS) menjadi sangat penting, teruta
PROBLEMATIKA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pendidikan sesungguhnya memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan Luar S
MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI ERA DIGITAL
PENDAHULUAN Pendidikan di Indonesia semakin mengandalkan teknologi informasi yang berkembang pesat, menghasilkan kemajuan dan efektivitas dalam proses belajar -mengajar (Pramesworo
TANTANGAN YANG DIHADAPI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Tantangan yang Dihadapi dalam Implementasi Pendidikan Luar Sekolah Berbasis Masyarakat Pendidikan luar sekolah berbasis
STRATEGI DAN EFEKTIVITAS MENINGKATKAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Strategi untuk Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Luar Sekolah Berbasis Masyarakat. Untuk meningkatkan efektivitas pendidika
FUNGSI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pendidikan luar sekolah sebagai komplemen adalah pendidikan yang materinya melengkapi apa yang diperoleh di bangu sekolah. Ada beberapa alasan sehingga materi pendidikan persekolahan ha
AZAS PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
ASAS PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Pendidikan merupakan suatu proses untuk mengintegrasikan individu yang sedang mengalami pertumbuhan ke dalam kolektivitas masyarakat. Dalam kegiatan pendid